0
Pembukaan Pospenas Dimeriahkan Tarian Kolosal Gelanggang Rembulan Surosowan




SERANG – Acara pembukaan Pekan Olahraga Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) ke-VII rahun 2016 di Kota Serang bakal dimeriahkan tarian kolosal khas Banten dengan tema “Gelanggang Rembulan Surosowan”.  Tarian kolosal yang digarap oleh Sanggar seni Samba Sunda dari Bandung ini akan didaulat sebagai pembuka acara pada event tiga tahunan tersebut.
Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Banten Irvan Santoso mengatakan, dalam tarian kolosal tersebut akan menyajikan adegan sakral Gelanggang Rembulan di Surosowandengan dikemas kesenian rudat khas Banten yang bernuansa islami dan diwarnai dengan adegankeindahan dari tariankhas Banten. Di mana tarian kolosal ini akan mengikutsertakan sebanyak 250 orang penari.
“Nantinya, dalam tarian kololsal tersebut akan diisi dengan Tari rudat yang membentangkan kain putih membentuk lingkaran dan kemudian diatasnyaakan berdiri para penari-penari rudat,” kata Irvan yang didampingi Sekretariat Pospenas Irwan Setiawan, dalam Rapim persiapan Seksi acara Pospenas ke-VII kemarin.
Dijelaskan Irfan, untuk persiapan rangkaian acara pembukaan nantipun sudah dipersiapkan seperti mulai design panggung utama bermotif Masjid Albantani, sedangkan screen kiri kanannya bernuansa kaibon dan Banten lama, yang akan menjadi obyek tembak video mapping. Kemudian, info-info ekspose keberhasilan Banten akan ditayangkan di video tron di panggung utama. Bahkan, semua kebutuan sound lighting stage sudah siap sesuai kebutuhan.
“Kemudian paduan suara berjumlah 60 orang dari MAN 2 Serang mohon orchestra pengiring dari Marching Band Gita Surosowan.  Tarian Rampak Bedug akan merespon dan melanjutkan tabuhan bedug pak Presiden saat peresmian pembukaan secara resmi,” katanya. 
Dilanjutkan Irfan, untuk devile peserta dilakukan tidak berbaris maju, namun sudah ada di Tribun. Karena sejak sore peserta sudah duduk membuat mushaf di tempatnya masing-masing dan tinggal berdiri saat diperkenalkan MC. Kedatangan Pa Presiden akan disambut oleh shalawat Badar yang dilantunkan seluruh peserta, dipandu oleh Qori pembaca kalam Illahi. 
“EO akan meramu konten tadi dan berperan sebagai Show Manajernya,”ujarnya.
Sementara itu Kasi Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten Rohendi mengatakan, tarian kolosal akan melibatkan seniman dan seniwati.Sayang sekali jika berada di tengah ada pasukan kontingen.Karena secara teknis akan sedikit mengganggu “Kontingen sebaiknya ada di tribun. Posisi rampak bedug nanti disesuaikan dengan tarian kolosal. Kemudian, khusus presiden ada bedug khusus untuk membuka secara resmi kegiatan Pospenas tersebut,”ujarnya.
http://pospenas2016banten.com/

Posting Komentar

 
Top